1. Inovative Products
Atau biasa dikenal dengan new product adalah produk baru yang diciptakan berdasarkan perkembangan pengetahuan dan pengalaman yang digunakan untuk menciptakan atau untuk memperbaiki produk yang mempunyai nilai yang berarti.
Contohnya : dulunya sirup ABC hanya terdiri dari dua rasa yaitu jeruk dan anggur tetapi sekarang sudah ada rasa pandan
2. Creative product
Produk yang dihasilkan melalui buah pikir manusia yang disesuaikan dengan kebutuhan dan estetika manusia itu sendiri .
Contohnya : suatu perusahaan memproduksi gula yang sengaja dibuat untuk penderita diabetes yang aman untuk dikonsumsi
3. Line extension
sebuah strategi yang mengenalkan sebuah produk baru melalui atau dibawah naungan suatu produk yang memiliki merek atau brand yang telah ada sebelumnya dengan tujuan untuk meningkatkan segmentasi pasar.
Contohnya : PT ISM bogasari memproduksi tepung terigu merk segitiga emas padahal sebelumnya mereka sudah memproduksi merk segitiga biru
4.Clones atau Competitive Entry Products
Membuat produk yang sama dengan produk yang sudah ada tapi tidak dilakukan penambahan nilai untuk konsumen
Contoh :
5.Equity Transfer Products
produk yang muncul dari proses pengalihan nilai satu produk / layanan lain di bawah merek yang sama, apakah produk dalam kategori yang sama atau tidak.
Contohnya :
6. Convertion Items
Perubahan dari suatu sistem produksi yang ada dalam suatu perusahaan dimana perusahaan memproduksi suatu produk untuk mengganti produk yang lain
Contohnya : suatu perusahaan yang dulunya menghasilkan produk berupa coklat dalam bentuk pasta tapi sekarang sudah berubah menghasilkan produk dalam bentuk padat
7. Temporary items
produk yang ada pada waktu tertentu, tapi akan hilang jika suatu event atau peristiwa telah berakhir dan biasanya produknya hanya itu-itu saja.
Contohnya : ketupat yang dibuat hanya pada hari raya Lebaran
8. Reformation of Existing Products
Perubahan yang terjadi pada produk yang sudah ada baik bentuk, ukuran, ataupun rasa.
Contohnya :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar