Selasa, 11 April 2017

General Electric Matrix




GE / McKinsey Matrix dibagi menjadi sembilan sel – sembilan alternatif untuk penentuan posisi dari setiap SBU atau menawarkan produk. Berdasarkan kekuatan bisnis dan daya tarik pasar setiap SBU akan memiliki posisi yang berbeda dalam matriks. Selanjutnya, ukuran pasar dan penjualan saat ini akan membedakan setiap SBU.Berdasarkan pemahaman yang jelas dari semua faktor-faktor pengambil keputusan yang mampu mengembangkan strategi yang efektif.



Sembilan sel dalam matriks dapat dikelompokkan menjadi tiga segmen utama:

Segmen 1: Ini adalah segmen terbaik. bisnis kuat dan pasar menarik. Perusahaan harus mengalokasikan sumber daya dalam bisnis ini dan memfokuskan pada pertumbuhan bisnis dan meningkatkan pangsa pasar.

Segmen 2: usaha ini baik yang kuat, tetapi pasar tidak menarik atau pasar yang kuat dan bisnis tidak cukup kuat untuk mengejar peluang potensial. Para pembuat keputusan harus membuat keputusan tentang bagaimana untuk menangani lebih lanjut dengan SBU ini. Beberapa dari mereka mungkin mengkonsumsi banyak sumber daya dan tidak menjanjikan sedangkan yang lain mungkin membutuhkan sumber daya tambahan dan strategi yang lebih baik untuk pertumbuhan.

Segmen 3: Ini adalah segmen terburuk. Bisnis di segmen ini adalah lemah dan pasar tidak menarik. Para pembuat keputusan harus mempertimbangkan baik reposisi SBU ini ke segmen pasar yang berbeda, mengembangkan menawarkan biaya-efektif yang lebih baik, atau menyingkirkan SBU ini dan menginvestasikan sumber daya ke dalam menjanjikan dan menarik lebih SBU.

 

Model general electric ini menggunakan parameter daya Tarik  industry dan factor kekuatan bisnis

Tabel Penentuan factor daya Tarik industry


Tabel Penentuan factor kekuatan bisnis


 

Setalah didapati score pada penentuan factor daya Tarik industry dan factor kekuatan bisnis, maka kemudian dianjutkan dengan memasukkan kedalam diagram untuk bisa diketahui kondisi unit bisnis yang sedang kita amati .


Dari grafik berikut data diketahui bahwa tidak hanya High Growth juga High Value, Motor utama pertumbuhan perusahaan. Disini perusahaan fokus  berinvestasi karena mereka menjanjikan keuntungan tertinggi di masa depan. Unit bisnis ini akan membutuhkan banyak modal karena mereka akan beroperasi di industri yang berkembang dan harus mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar