Selasa, 11 April 2017

Matrik BCG




Model BCG didasarkan pada klasifikasi produk (dan secara implisit juga unit bisnis perusahaan) menjadi empat kategori berdasarkan kombinasi dari pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif terhadap pesaing terbesar. Tujuan utama adalah untuk mengetahui produk manakah yang layak mendapat perhatian dan dukungan dana agar produk tersebut bisa bertahan dan menjadi kontributor terhadap kinerja perusahaan dalam jangka panjang.

Setiap produk memiliki siklus hidup produk, dan setiap tahap dalam siklus hidup-produk mewakili profil risiko yang berbeda. Secara umum, perusahaan harus menjaga portofolio yang seimbang dari produk yang dipasarkan. Portfolio tersebut bisa dalam rentang produk dengan prtumbuhan tinggi maupun pertumbuhan rendah.





Sebuah produk dengan pertumbuhan tinggi membutuhkan beberapa upaya dan sumber daya untuk memasarkannya, untuk membangun saluran distribusi, dan untuk membangun infrastruktur penjualan, dengan harapan produk tersebut dapat membawa keuntungan di masa depan.

Sebuah produk pertumbuhan rendah misalnya produk yang sudah mapan dikenal oleh pasar. Karakteristik dari produk ini tidak banyak berubah, pelanggan tahu apa yang mereka dapatkan, dan harga tidak banyak berubah. Produk ini hanya memiliki anggaran yang terbatas untuk pemasaran. Produk ini ibarat sapi perah yang membawa arus kas yang konstan.

Tapi pertanyaannya adalah, bagaimana perusahaan benar-benar tahu apa fase produk yang dimiliki, dan bagaimana perusahaan mengklasifikasikan produk yang jual? atau haruskah perusahaan mempromosikan satu produk lebih dari yang lain? Bukankan ini bisa mengarah ke kanibalisme produk. Matriks BCG dapat membantu perusahaan menjawab pertanyaan tersebut.

Kerangka kerja dalam Matrik BCG adalah menempatkan produk dalam 4 kategori (kuadran) dalam portofolio perusahaan meliputi:

1. Kuadran 1. BCG STARS (high growth, high market share)

Produk dengan kategori kuadran Stars didefinisikan produk yang memiliki pangsa pasar yang tinggi dan trendnya berkembang. Produk merupakan pemimpin dalam bisnis tapi masih perlu banyak

dukungan untuk promosi lebih intensif. Jika pangsa pasarnya terus, maka Stars produk cenderung tumbuh menjadi cash cow.

2. Kuadran 2. BCG QUESTION MARKS (high growth, low market share)

Produk dikuadran ini di pasar berkembang tetapi memiliki pangsa pasar yang rendah karena pembeli belum menemukan produk tersebut. Strategi pemasaran yang tepat perlu meningkatkan pangsa pasar mereka dengan cepat atau produk tersebut akan masuk ke kuadran 4. Produk pada kuadran ini juga memerlukan dukungan investasi yang tidak sedikit terkait dengan berbagai kemungkinan diferensiasi produk untuk meningkatkan daya penetrasi pasar.

3. Kuadran 3. BCG CASH COWS (low growth, high market share)

Kuadran cash cow berada dalam posisi pangsa pasar yang tinggi dan dalam posisi maturity. Jika keunggulan kompetitif telah dicapai, Produk pada kuadran ini memiliki margin keuntungan yang tinggi dan menghasilkan banyak arus kas. Pertumbuhan cenderung rendah, promosi dan penempatan investasi juga rendah untuk produk katagori. Investasi dalam infrastruktur pendukung dapat meningkatkan efisiensi dan lebih meningkatkan arus kas.

4. Kuadran 4. BCG DOGS (low growth, low market share)

Kuadran ini boleh dibilang adalah kuadran yang memprihatinkan. Produk yang masuk kuadran Dogs pertumbuhan pasarnya yang rendah dan memiliki pangsa pasar kecil. Terkadang upaya perusahaan untuk menaingkat pertumbuhan produk ini cenderung gagal karena memang produk ini sudah tidak kompetitif lagi. Jika tidak tertolong, produk ini bisa keluar dari pasar.





Gambar 1. Boston Consulting Group Matrix

Beberapa keterbatasan dari model matriks BCG meliputi: bagaimana perusahaan mendefinisikan pasar dan bagaimana perusahaan mendapatkan data tentang pangsa pasar. Sebuah pangsa pasar yang tinggi tidak selalu mengakibatkan profitabilitas. Model ini mengabaikan efek sinergi antar unit bisnis. Dan terpenting adalah pertumbuhan pasar bukan satu-satunya indikator untuk daya tarik pasar. Untuk itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar